Selasa, 11 Januari 2011

Bahan Sermon Selasa,11 Januari 2011

Tuhan Yesus Penyelamatku !
Lukas 4:16-21
Ayat Hafalan : Lukas 4:18a

Tujuan Pengajaran : Anak SM tau bahwa hanya dalam Yesus ada keselamatan.
 Dari Galilea, Yesus kembali ke Nazaret, dan Lukas mempertegas dengan mengatakan bahwa "inilah tempat Yesus dibesarkan". Mengapa Ia ke sana ? Kepada orang-orang yang mengenalnya sejak kecil hingga dewasa, Ia menegaskan siapa diri-Nya dan apa misi pelayanan-Nya.
Misi pelayanan Yesus adalah untuk “menyampaikan kabar baik kepada orang miskin”, sebagai penggenapan janji Allah.  Dia adalah Mesias, yang diurapi oleh Allah untuk membawakan keselamatan dari kepada manusia. Dengan tegas Yesus memproklamirkan diriNya ketika Ia membacakan kitab nubuatan nabi Yesaya (Yes. 61:1-2), yang menyatakan beberapa hal, yaitu bahwa (a) Roh Tuhan ada pada-Nya; (b) Dia diurapi untuk menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin; (c) memberitakan pembebasan kepada para tawanan, memberikan penglihatan kepada orang buta; Dia diutus untuk membebaskan orang-orang yang tertindas, dan (d) memberitakan bahwa Tahun Rahmat Tuhan telah datang. Sesungguhnya ayat tersebut menubuatkan tentang diri-Nya. Maka tepatlah bila Tuhan Yesus mengatakan bahwa ayat itu digenapi oleh-Nya.
Dalam masyarakat zaman itu, yang termasuk orang-orang miskin adalah; orang-orang tersisih, terkucil, tanpa status sosial dan orang-orang lemah. Jadi kata ‘miskin’ dalam nas ini mencakup kemiskinan dalam hal rohani dan jasmani.
Dalam konteks Injil Lukas, pembebasan selain arti rohani (pengampunan dari dosa), juga bermakna sosial. Kehadiran Yesus menghadirkan “Tahun Rahmat Tuhan” (19d) / Tahun Yobel (Im. 25:10), yakni tahun pembebasan bagi kaum miskin yang ditindas oleh sebab utang-uatang mereka.
Kepada orang yang buta, Yesus membawa penyembuhan (19b), baik dari kebutaan fisik (Luk. 18:35-43), maupun kebutaan rohani. Mereka yang buta rohani, akan melihat ‘terang keselamatan dari Tuhan’ dalam Yesus (Luk. 1:78-79; 2:29-32; 3:6).

Penerapan :
Kedatangan Yesus ke dunia bukanlah sebagai seorang raja dengan segala kemegahan dan kejayaannya. Justru ia datang dengan otoritas Allah untuk membawa pembebasan dan penyelamatan dalam arti luas dan sesungguhnya. Bukan hanya dalam dunia, tetapi keselamatan yang bersifat kekal dan menyeluruh. Ia membawa kabar baik dan itu dinyatakan kepada semua orang, baik orang miskin, tawanan, orang buta, dan orang tertindas. Ia datang juga untuk membawa kekebasan dan keselamatan bagi kita. Betapa mulia dan agungnya misi kedatangan-Nya, melalui Dialah kita beroleh keselamatan dan kehidupan kekal. 

Doa
Tuhan Yesus yang baik…, t’rima kasih karena Kau telah membuatku begitu berharga, oleh keselamatan yang dari padaMu aku jadi AnakMu. Aku terima Engkau Tuhan Yesus sebagai Jurus’lamat dalam hidupku kini sampai selamalamanya. Amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar