Selasa, 18 Januari 2011

Bahan Sermon Sekolah Minggu, 18 Januari 2011

Aku Percaya, Tuhan Yesus Sanggup Menolongku !

Nast : Matius 14:22-33
Ayat Hafalan : Amsal 3:5
Pecayalah kepada Tuhan dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri”

                                


Tujuan Pengajaran :  ASM tetap bersandar kepada Yesus, dan tidak bimbang dalam menghadapi  pergumulan hidup.
         Kehadiran Yesus di tengah gelombang laut itu menunjukkan bahwa Yesus yang lebih berkuasa dari gelombang laut itu. Memang unik dan menarik, sebuah gambaran dalam peristiwa berupa “simbolisasi gelombang laut dalam gelapnya malam sebagai tanda kuasa jahat, dan pengalaman menakutkan dan mengerikan dalam goncangan gelombang badai tersebut sebagai simbol pengalaman kita manusia yang hidup dalam kejahatan”. Karena itu kehadiran Kristus dengan ungkapan; “Aku ini, jangan takut!”, mengarahkan kita untuk memahami bahwa kehadiran Kristus mestinya membuat kita memiliki kekuatan baru untuk menghadapi gelombang/pergumulan kehidupan yang demikian dahsyat menerjang.
         Kemudian dalam nas ini Petrus berkeinginan untuk “terjun dan berjalan di atas air” seperti Yesus namun kemudian Petrus tenggelam. Hal itu adalah gambaran yang menyedihkan akan tindakan orang-orang yang “tidak percaya dan bimbang”, atau “orang yang beriman kecil”. Saat kita menghadapi masalah, dimanakah iman kita ?
         Ujian gelombang badai kehidupan dalam simbolisasi gelombang laut memberi kepada kita (bagi adik” SM) untuk dapat melihat kedalaman makna hidup yang terus menerus perlu digumuli setiap saat. Pergulatan iman yang berhadapan dengan gelombang kehidupan mengantar kita (ASM) untuk tetap memandang pada KasihNya dan berpegang teguh pada janji penyertaanNya sepanjang masa; “Aku ini, jangan takut!”.  Percayalah kepada Tuhan & jangan bersandar pada pengertianmu sendiri!

Ilustrasi : Seorang yang berjalan di tepi pantai yang menerima janji penyertaan Tuhan, namun dalam sisa perjalanan yang berat ia merasa berjalan sendiri. Ternyata pada saat itulah Tuhan menggendongnya.  

Penerapan :
Tuhan tidak berjanji menjauhkan kita dari pergumulan hidup; namun Dia berjanji, pasti menolong, menguatkan dan melepaskan kita dari segala pergumulan hidup kita, jika kita mau datang padaNya.

Doa :
Tuhan Yesus…, aku percaya padaMu, Engkau sanggup menolong aku dalam setiap pergumulan hidupku, kuatkan aku Tuhan Yesus untuk mampu keluar dari segala pergumulan hidupku, Amin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar